Thursday, 7 January 2016

Sinopsis Unknown (2011)


Sinopsis film Sinopsis Unknown menceritakan tentang Dr. Martin Harris (Liam Neeson) serta istrinya Liz (Januari Jones) tiba di Berlin untuk menghadiri konferensi bioteknik. Setelah mereka tiba di Hotel Adlon, Martin baru menyadari kalau kopornya ketinggalan di bandara. Dia kembali untuk mengambilnya dengan menumpang taksi yang dikendarai oleh Gina (Diane Kruger). Namun dalam perjalanan ke bandara, suatu kecelakaan terjadi yang mengakibatkan taksi terjun dari jembatan ke dalam sungai. Martin tampaknya tidak sadarkan diri, tetapi Gina mampu menyelamatkannya yang karam sebelum dirinya sendiri melarikan diri dari lokasi untuk menghindar dari polisi, sebab Gina merupakan seorang imigran gelap dari Bosnia. Tepat pada hari Thanksgiving, Martin mendapat kesadarannya kembali di rumah sakit seusai mengalami koma selagi empat hari.

Sinopsis Unknown (2011)

Martin kemudian kembali ke hotelnya, hanya untuk menemukan istrinya yang berkata kepadanya kalau dirinya tidak mengenalnya, Martin lebih terkejut dikala istrinya mengaku kalau suaminya merupakan pria lain (Aidan Quinn), yang juga bernama Martin (Martin B). Ia mencoba untuk menghubungi teman lamanya, Rodney Cole (Frank Langella), yang tidak menjawab sebab sedang memperingati Thanksgiving di Amerika Serikat bersama keluarganya. Martin kemudian menuju kantor Prof. Bressler (Sebastian Koch), orang yang belum sempat ditemuinya tidak hanya via telepon, yang mengundangnya ke konferensi serta dijadwalkan untuk berjumpa hari itu. Namun, ia menonton si penipu Martin B telah dalam pertemuan dengan Bressler. Sepertinya Martin mencoba untuk pertanda identitasnya, tetapi Martin B memberikan dirinya kartu bukti diri serta gambar keluarganya, yang keduanya mempunyai nama "Martin Harris", hanya fotonya yang digantikan oleh penipu tersebut. Kecewa dengan krisis identitas-nya, Martin jatuh pingsan serta menemukan dirinya kembali berada di rumah sakit. Pembunuh telah dikirim untuk membunuhnya serta telah membunuh Suster Herfort (Eva Löbau), tapi Martin mampu lolos.

Martin kemudian mencari bantuan untuk pertanda jati dirinya dari temannya Suster Herfort, detektif swasta serta mantan penyuplai Stasi (Polisi Rahasia Jerman Timur) di Kementrian Hankam, Herr Jürgen (Bruno Ganz). Martin hanya mampu memberikan bukunya yang rutin ia bawa, serta juga Gina yang telah bekerja di suatu rumah makan seusai dirinya dipecat dari perusahaan taksi semenjak insiden itu. Sementara Martin berusaha membujuk Gina untuk membantunya menjernihkan persoalan identitasnya, Jürgen menggali hingga info yang terkait dengan Martin serta juga konferensi bioteknologi. Dia menemukan bahwa konferensi ini akan dihadiri oleh Pangeran Shada (Mido Hamada) dari Arab Saudi, seorang yang mendanai proyek rahasia yang dipimpin oleh Bressler. Shada sebelumnya telah selamat dari percobaan pembunuhan oleh kaum ekstremis di negaranya sendiri, serta Jürgen menyangka bahwa pencurian bukti diri Martin mungkin upaya lain untuk mengambil kehidtpan pangeran. Jürgen kemudian mendapatkan kedatangan Cole di rumahnya, tapi sebab ia menyadari bahwa Cole bukanlah siapa-siapa, Jürgen berkata serta mengira bahwa Cole merupakan anak buah unit pembunuh bayaran yang berbasis di Eropa yang bernama Section 15. Setelah itu Jürgen membunuh dirinya sendiri dihadapan Cole dengan meminum sianida yang dicampur kopi. Dia juga mengenal bukti diri Martin yang sebetulnya merupakan juga anak buah dari unit yang sama, sebab kata-kata terbarunya merupakan untuk bertanya terhadap Cole, "Bagaimana apabila dirinya [Martin] ingat segalanya? Apa yang akan terjadi?"Sementara itu, sekali lagi pembunuh Suster yang kini dibantu oleh Jones (Stipe Erceg) berusaha untuk membunuh Martin serta Gina, tapi mereka mampu melarikan diri seusai berkelahi di apartemen Gina, di mana pembunuh mampu dibunuh oleh Gina. Martin menonton buku catatannya serta menemukan satu set angka yang ditulis oleh Liz: angka pertama mengacu pada halaman buku, angka kedua mengacu pada baris halaman buku, serta angka ketiga mengacu pada kata di kalimat itu, yang timbul sebagai kode rahasia. Menggunakan jadwal yang ditulis pada buku, Martin menemui Liz dengan cara sembunyi-sembunyi. Liz berkata kepadanya bahwa kopornya tertinggal di bandara, sebab itulah Martin wajib kembali mengambilnya serta menunggunnya disana.

Setelah mengambil kopornya, Martin berpisah dengan Gina. Saat diluar itulah, Gina menonton Martin dibangun pingsan serta diculik oleh Cole beserta Jones (ternyata Brandt serta Jones merupakan orang suruhan Cole). Gina pun mencuri taksi serta mengejar kendaraan beroda empat Cole. Ketika Martin sadar, ia menemukan identitasnya sebetulnya dari Cole. Hal ini memberikan bahwa orang bernama Martin Harris itu tidak ada, serta tidak sempat ada. Martin telah memakai nama itu sebab ia mengarang bukti diri Martin Harris sebagai samaran untuk memasuki konferensi. Dan Liz sebetulnya bukanlah istrinya, sebab dia, Liz serta Martin B merupakan tim pembunuh bayaran yang dikirimnya untuk membunuh target. Dan sebab dirinya cedera kepalanya selagi kecelakaan mobil, ingatannya telah berubah serta dirinya percaya bahwa nama Martin Harris merupakan bukti diri kehidupan nyata nya. Namun, ia tetap tidak ingat bukti diri dirinya sebenarnya. Gina bergegas masuk serta menghentikan Jones yang berusaha membunuh Martin dimana Cole bersembunyi di dalam mobil. Ada perkelahian pendek antara Jones serta Gina yang selesai dikala Gina melaju mobilnya menabrak Jones hingga mati serta juga tidak sengaja menabrak kendaraan beroda empat Cole. Dampak dari kecelakaan itu telah mengirim kendaraan beroda empat Cole jatuh keluar parkir serta Cole tetap di dalamnya. Martin kemudian mengalami kompartemen seusai membuka kopor kerjanya, serta menemukan dua paspor yaitu paspor dirinya atas nama "William Sean Carmichael", serta paspor Liz atas nama "Anne Rachael Carmichael", yang sama-sama dari Kanada. Dia pun menyadari bahwa dirinya serta Liz telah ada di Berlin tiga bulan sebelumnya serta telah memasang bom di kamar hotel Shada.

Keduanya kemudian menuju hotel untuk menghentikan pembunuhan itu. Mereka pribadi ditangkap oleh keamanan, tetapi Martin meyakinkan mereka mengenai bom di hotel yang dipasangnya 3 bulan sebelumnya. Dia kemudian menyadari bahwa Shada bukanlah sasaran pembunuhan, tetapi Bressler - yang sedang meneliti jagung tipe baru dengan rekayasa genetik yang mampu tumbuh di semua iklim untuk mengurangi persoalan pasokan pangan dunia. Liz memakai kode rahasia yang ada di bukunya sendiri untuk mengakses laptop Bressler dari jarak jauh, serta mencuri datanya. Setelah yakin ada bom, keamanan mengungsikan para penghuni hotel. Melihat bahwa upaya pembunuhan mereka telah digagalkan, Liz mencoba untuk mematikan bom, tapi telat serta terbunuh sebagai bagian dari Hotel Adlon yang telah meledak. Martin B merupakan pembunuh yang tersisa serta mencoba untuk membunuh Bressler, tetapi Martin segera berkelahi dengannya serta membunuhnya. Bressler kemudian memberitahukan proyeknya terhadap dunia, sementara Martin serta Gina menuju kereta bersama- sama dengan mengangkat paspor baru mereka dengan bukti diri baru.